Jumat, 06 Agu 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

AKTIVITAS MATSAMA MIN DEMANGAN KOTA MADIUN

Kota Madiun (MIN Demangan) – Sejumlah siswa baru mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Ajaran Baru 2016-2017 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Madiun (20/7/2016). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi melarang pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) dan menggantinya dengan pengenalan lingkungan dan kegiatan sekolah yang bersifat edukatif dan menyenangkan melalui MATSAMA.

Kegiatan MOS ini berlangsung mulai dari tanggal 18-20 Juli 2016, dari jam 06.45-09.00 WIB. Kegiatan ini  bertujuan agar siswa mengenal lebih dekat mengenai diri mereka sendiri di tengah-tengah lingkungan barunya, dan juga agar siswa mengenal lingkungan sekolah, baik lingkungan fisiknya maupun lingkungan sosialnya. Pengenalan lingkungan sekolah sangat penting bagi siswa dalam hubungannya dengan pemanfaatan semaksimal mungkin layanan yang diberikan oleh sekolah dan menyiapkan siswa secara fisik, mental, dan emosional agar siap menghadapi lingkungan baru sekolah.

Adapun kegiatan yang telah disusun oleh KKG guru kelas 1 yaitu antara lain : berdoa di lapangan, outbond, pengenalan lingkungan sekolah, serta toilet training dan cuci tangan. Kegiatan tersebut berguna untuk membina dan membiasakan akhlak serta mengajarkan cara melepas dan memakai sepatu, melepas sabuk, celana, cara kekamar mandi dengan SPS yaitu Siram Pipis Siram.

“Tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan MATSAMA kali ini. Hanya saja ada beberapa siswa yang menangis karena ditinggal orang tuanya. Tapi kami selaku guru insyaAllah sudah terbiasa dan mampu mengatasi hal tersebut. Dan alhamdulillah semua kegiatan yang berlangsung 3 hari ini berjalan lancar semua”, tutur Bu Aminah. (HIDA)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR