Saturday, 24 Jul 2021
  • Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Babak Penyisihan OSK Tingkat Nasional

OSK (Olimpiade Sains Kuark) digelar kali ketiga di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Demangan Kota Madiun, setelah sebelum-sebelumnya digelar di SDK Bernadus Madiun. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa sekolah yang berada di Kota Madiun, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi dengan jumlah peserta sebanyak 389 siswa. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (21/02/2015), yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Demangan Kota Madiun mulai pukul 08.30-10.00 WIB.

Adapun tujuan dari kegiatan OSK ini adalah untuk memberikan fasilitas kepada anak-anak SD/MI se-Indonesia untuk berkompetisi di bidang sains sekaligus memperkenalkan arti sebuah kompetisi, bahwa di dalam hidup situasi menang dan kalah adalah proses yang wajar; memupuk semangat juang untuk menjadi yang terbaik sejak usia dini, bahwa untuk meraih mimpi dan mencapai prestasi harus disertai dengan jerih lelah; membangkitkan rasa percaya diri anak terhadap kemampuan yang mereka miliki; OSK bersifat terbuka untuk semua siswa SD/sederajat tanpa harus menduduki peringkat/rangking di kelasnya, sehingga siapapun bisa ikut berkompetisi tanpa dihantui rasa takut atau minder; mendorong peningkatan kualitas pembelajaran sains di tingkat sekolah, kota, propinsi maupun nasional  dan untuk memacu guru-guru sains untuk memberikan pembekalan yang terbaik bagi anak-anak didik.

Menurut Ibu Diana, Selaku Ketua Panitia OSK Tahun 2015 sekaligus Pembimbing OSK MIN Demangan Kota Madiun, “Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan  OSK pada tahun ini mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan beberapa wilayah di Karisidenan Madiun mendirikan kegiatan sendiri sebagai center pelaksana OSK babak penyisihan, yaitu Kabupaten Magetan, Ponorogo, dan Pacitan. Pelaksanaan OSK kali ini masih berada pada tahap babak penyisihan, dan menuju pada babak semi final. Pengumuman dapat dilihat secara online pada website Kuark dengan alamat www.Komikuark.net. Dengan adanya OSK, maka dapat menghasilkan dan mencetak generasi saintis masa depan. Sebab, dengan belajar melalui majalah Kuark, anak-anak lebih mudah untuk  mengenal tentang ilmu sains secara nyata. Hal tersebut dapat dilihat dengan pesatnya semangat anak-anak dalam menyambut kegiatan ini. Kegiatan ini juga memudahkan mereka dalam menyerap ilmu, misalnya pada Level I, materi yang diberikan meluas pada materi kelas diatasnya, sehingga dapat menambah wawasan siswa, begitu pula seterusnya. Hasil yang diraih oleh siswa-siswi MIN Demangan Madiun pun mengalami kenaikan yang signifikan dan berpengaruh pada mata pelajaran lain. Inilah prestasi yang sangat membanggakan bagi kami.”

Selain itu, dalam rangka memeriahkan kegiatan OSK, Bapak/ Ibu Guru MIN Demangan Kota Madiun mengadakan kegiatan bazar dengan menjual pernak-pernik alat tulis, baju anak-anak, mukena, jilbab, kerudung, aneka makanan dan minuman sehat. Kegiatan ini berlangsung dengan semarak dan meriah. Terlihat dengan jelas euforia dari semua partisipan yang ikut terlibat di dalam kegiatan ini, tutur Ibu Feni, selaku Koordinator Bazar.(ida)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR