Jumat, 29 Mar 2024
  • Selamat datang di website MIN 1 Kota Madiun, Madrasah Negeri Unggulan dan Berprestasi.

MIN 1 Kota Madiun Resmi Launchingkan Buku Olimpiade Matematika dan majalah sajadah ber-ISBN

MIN 1 Kota Madiun Resmi Launchingkan Buku Olimpiade Matematika dan majalah sajadah ber-ISBN

Kota Madiun (MIN 1) – Jum’at (18/11) Guru MIN 1 Kota Madiun resmi sukses melaksanakan agenda Launching Buku Olimpiade Matematika Kelas 1-5 ber-ISBN dan majalah sajadah ber-ISBN yang diselenggarakan di Graha Mangga Hotel Setiabudi Kota Madiun. Rangkaian acara dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Bapak Kepala MIN 1 Kota Madiun.

Launching Buku Olimpiade Matematika Kelas 1-5 ini merupakan kali dua setelah sebelumnya Penerbit MINSAMEDIA yang merupakan Divisi Penerbitan milik MIN 1 Kota Madiun ini menerbitkan Buku Ajar untuk siswa kelas 1-6 berjudul “Sparkling” yang telah memasuki cetaka ulang kedua.

Buku Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris tersebut terbit secara nasional karena kedua judul buku tersebut telah ber-ISBN baik ISBN per judul buku maupun ISBN per Jilid karena buku tersebut terbit sesuai jenjang kelas untuk tingkat SD/MI. Untuk pihak-pihak yang berperan dalam penyusunan buku ajar tersebut adalah para guru pembina olimpiade matematika yang telah berulang kali berprestasi mengantarkan peserta didik MIN 1 Kota Madiun meraih prestasi sampai dengan tingat nasional. Para penulis tersebut antara lain; Dra. Meita Ismajawati, Qomaria Amana, S.Pd., Elysabet Sri Handayani, S.Pd., Rian Nur Hidayat, S.Pd., Zelly Destyana, S.Pd., Dewi Nur Azizah, S.Pd. yang tergabung dalam Tim Pembina Olimpiade Matematika atau biasa disingkat “Tim Olmat” MIN 1 Kota Madiun.

Sementara itu, untuk Majalah Sajadah tahun ini merupakan terbitan edisi IX. Namun delapan edisi sebelumnya belum ber-ISSN. Dan baru mulai edisi IX ini majalah tersebut ber-ISSN. Adapun pihak yang berkaitan dengan terwujudnya buku-buku ajar maupun majalah tersebut adalah bapak/ibu guru yang tergabung dalam TIM Literasi MIN 1 Kota Madiun. Mereka terus berinovasi, mendorong, dan mendampingi para guru dan murid-murid untuk berkarya dalam bidang penulisan dan literasi digital.

Tim literasi, merasa sangat bahagia kegiatan literasi di MIN 1 Kota Madiun terus berkembang. Para pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah ini memiliki potensi besar dalam bidang literasi. Sehingga potensi tersebut harus dikembangkan dengan cara diwadahi dan didampingi. Karena untuk menjaga kreatifitas tanpa diwadahi, maka akan terhambat. Dengan adanya kegiatan penulisan buku ajar, majalah, podcast, jari cerdik, dan lain-lainnya, maka para guru dan siswa bisa terus mengembangkan kreatifitas. Tim literasi memprogramkan untuk terbitan berikutnya terdapat karya siswa dan guru, yang mulai saat ini sudah kita siapkan konsepnya. Dan untuk selanjutnya akan dikoordinasikan bersama dengan para penulis. Paling tidak mulai Januari 2023 penulisan sudah bisa start dikerjakan.

Hadir dalam acara tersebut pengawas dari kementerian agama kota madiun bapak Dr. Sujianto dan Prof.Dr.H. Parji, M.Pd, selaku guru besar UNIPMA Madiun. “Apresiasi yang sangat luar biasa,saya merasa bangga ada madrasah setingkat SD/MI memiliki karya tulis ber-ISBN dan Majalah Ber-ISSN. Ini sebuah capaian yang luar biasa. Kegiatan seperti ini akan terus didukung oleh Kementerian agama kota madiun, dan diharapkan bisa berimbas kepada madrasah-madrasah yang lain”, Ujar Sujianto.

Sedangkan Prof.Dr. Parji, M.Pd., menyampaikan kekagumannya terhadap karya inovasi dalam bidang literasi di MIN 1 Kota Madiun ini. Beliau yang saat launching kemarin harus menghadiri 5 undangan, tetapi beliau karena juga pecinta literasi maka memilih hadir di MIN 1 Kota Madiun. Prof. Parji, yang hadir untuk memberikan pembekalan dan motivasi kepada para penulis berkeinginan MIN 1 Kota Madiun ke depan dapat berkolaborasi bersama dengan pegiat literasi di kota madiun untuk mewujudkan kota madiun sebagai pusat literasi nasional, tutur beliau yang saat ini juga sebagai konsultan pendidikan pemerintah kota madiun.

Bapak kamad merasa bersyukur dan bangga terhadap terbitnya produk literasi MIN 1 Kota Madiun berupa buku olmat dan majalah yang keduanya telah mengantongi ISBN dan ISSN. Hal tersebut menunjukkan bahwa karya literasi MIN 1 Kota Madiun telah terdaftar secara resmi di Perpustakaan Nasional. ISBN dan ISSN merupakan nomor seri buku atau majalah yang terbit secara internasional. Sehingga memudahkan pelacakan dan validitas karya tulis tersebut. Jadi, kami terus mendorong agar kegiatan ini terus dikembangkan oleh MIN 1 Kota Madiun sebagai madrasah yang menyandang kategori sebagai Madrasah Literat sejak tahun 2019.

penulis
Administrator

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR