Jumat, 06 Agu 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) MIN Demangan Kota Madiun Tahun 2016

Kota Madiun (MIN Demangan) – Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tahun 2016. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Demangan Kota Madiun melakukan Screening (Pemeriksaan Kesehatan) memberikan imunisasi Campak kepada anak-anak SD/MI. Sebanyak 293 siswa-siswi kelas 1 MIN Demangan Kota Madiun mengikuti kegiatan BIAS Screening dan Imunisasi Campak secara serentak agar tubuh kebal terhadap penyakit. MIN Demangan Kota Madiun mendapatkan jadwal Screening (Pemeriksaan Kesehatan) dan Imunisasi Campak untuk siswa kelas 1 dari Puskesmas Demangan Kota Madiun. Jadwal Screening dan Imunisasi Campak di jadwalkan 2 gelombang yaitu pada Hari Selasa, 16 Agustus 2016 untuk kelas A, B, C, D dan Kamis, 18 Agustus 2016 untuk kelas E,F, G, H. Kegiatan BIAS bertujuan untuk memeriksa kondisi alat indera dan supaya menghasilkan kekebalan pada anak seusia Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh lewat suntikan.

Pada hari ini Selasa, 18 Agustus 2016 Tim dari Puskesmas Demangan datang di Madrasah pukul 09.00 WIB hingga selesai. Screening yang dilakukan meliputi tensi darah, periksa gigi, periksa mata, periksa telinga, periksa kuku dan alat indera lainnya. Dan selain itu untuk imunisasi campak setiap anak dilakukan dengan penyuntikan bagian lengan sebelah kiri.

“Imunisasi vaksin campak untuk pencegahan penyakit campak. Sedangkan yang kita berikan imunisasi hanya kelas 1 usia sekitar 5-7 tahun. Semua anak yang sehat di imunisasi kecuali anak yang sakit dan anak yang tidak naik kelas. Dan selain itu imunisasi pda anak sekolah bertujuan memberikan perlindungan jangka panjang”ucap salah satu petugas imunisasi.

Meskipun suasana terlihat haru karena anak-anak banyak yang menangis, tetapi Ibu guru memberikan pengertian kepada siswa tentang manfaat dari kegiatan ini sehingga kegiatan Screening (Pemeriksaan Kesehatan) dan Imunisasi Campak untuk siswa kelas 1 berjalan dengan baik. “Alhamdulillah kegiatan BIAS Screening (Pemeriksaan Kesehatan) dan Imunisasi Campak untuk siswa kelas 1 berjalan dengan lancar meskipun awalnya sempat terlihat gaduh dengan tangisan anak-anak yang tidak ingin di suntik,tetapi beberapa saat kemudian anak-anak menjadi antusias mengikuti imunisasi. Semoga dengan adanya kegiatan siswa-siswi dapat menjadi sehat dan terhindar dari segala penyakit, khususnya campak”, ucap Ibu Wulan selaku wali kelas 1A.

Semoga dengan adanya kegiatan BIAS disetiap tahunnya dapat meningkatkan kesehatan bagi generasi penerus bangsa terutama untuk siswa-siswi MIN Demangan Kota Madiun. (EMA)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR