Rabu, 28 Jul 2021
  • Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Field Trip ke Kantor DPRD Kota Madiun

Seluruh siswa-siswi Kelas V A-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Demangan Kota Madiun mengadakan Kunjungan ke Kantor DPRD Kota Madiun. Pelaksanaan tersebut pada hari Rabu (30/03/16) yang bertempat di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Madiun.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui seluk-beluk kinerja di bidang pemerintahan DPRD Kota Madiun. Selain itu, dengan adanya kunjungan ini diharapkan seluruh peserta mampu berambisi untuk menjadi aktivis yang bermanfaat bagi masyarakat setelah dewasa nanti, salah satunya menjadi anggota parlemen yang mampu menjadi media aspirasi masyarakat kepada pemerintah pusat.

Seluruh peserta mendapatkan informasi mengenai sejarah berdirinya Kantor DPRD Kota Madiun yang dulunya merupakan Gedung Ketoprak yang beralih fungsi menjadi Kantor Pemadam Kebakaran. DPRD Madiun dibangun pada tahun 1990 yang merupakan bangunan tua peninggalan bangsa Belanda pada masa penjajahan. Saat ini DPRD Kota Madiun diketuai oleh Bapak Istono yang membawahi lima partai, yakni Demokrat Bersatu, PDIP, Gerindra, PKB, dan PNRS.

Selain itu, peserta juga dibekali dengan informasi bahwa fungsi dari DPRD diantaranya:

  1. Fungsi pembentukan peraturan Daerah: Diwujudkan dalam pembentukan daerah bersama wali kota
  2. Fungsi anggaran: Diwujudkan dalam membahas dan menetapkan APBD bersama wali kota
  3. Fungsipengawasan : Diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah)

Selain mendapatkan informasi mengenai fungsi DPRD, peserta juga mendapatkan informasi mengenai motto DPRD Madiun adalah bersama DPRD kota Madiun kota Madiun dan seluruh jajaran forpimoda, kita tingkatkan kesejahteraan. “Antusiasme anak-anak sangatbesar dengan adanya kegiatan field trip ke berbagai tempat, salah satunya ke Kantor DPRD Kota Madiun seperti saat ini. Semoga dengan kegiatan rutin yang dilakukan pada setiap jenjang dapat memberikan wawasan dan pengalaman baru lagi sehingga mampu mengantarkan kepada cita-cita mereka kelak,” tutur Ibu Diana, Wali Kelas VA. (IDA)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR