Jumat, 06 Agu 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

GURU MIN DEMANGAN IKUTI BIMTEK K13 MAPEL BAHASA ARAB

Kota Madiun (MIN Demangan) – Malang (5-9/9) bertempat di Hotel Kusuma Agrowisata Batu Jl. Abdul Gani Atas Batu sejumlah guru MIN Demangan mengikuti Bimbingan Tekhnis (BIMTEK) K-13 Bagi Guru Kelas 3 dan 6 Mapel Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Se Jawa Timur Tahun 2016. Atas nama Kepala Kantor Wilayah, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Drs. H. Supandi, S.Pd., M.Pd membuka BIMTEK se Jawa Timur. Dalam arahannya Kepala Bidang mengajak kepada seluruh Guru Bahasa Arab untuk melakukan terobosan agar tugas-tugas kita dalam memberikan ilmu kepada anak-anak didik bisa terukur, jangan lupa tugas pokok dan fungsi kita sebagai Guru PAI, terutama didalam kelas, kita juga harus memiliki manajemen penilaian guru.

Sementara Ketua Panitia, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Drs. H. Syamsuri, M.Pd dalam sambutannya antara lain, Bahwa sampai saat ini Kementerian Agama masih konsisten melaksanakan kurikulum 2013. Karena kurikulum 2013 ini telah didesain sedemikian rupa untuk mempersiapkan Generasi Indonesia Emas di tahun 2045. Dalam kurikulum 2013 ini semua materi umum harus bisa dimasuki materi keagamaan. Maka dengan demikian Guru Bahasa Arab ataupun Guru Pendidikan Agama Islam juga harus bisa menguasai dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 ini. Selain itu Guru juga harus terus berinovasi bagaimana agar pembelajaran bisa menyenangkan anak didik dan tidak monoton. Untuk itu Guru harus tahu strategi yang tepat agar nilai-nilai keagamaan pada anak didik dapat dengan mudah diterima dan menghasilkan anak didik yang berkarakter, jujur, kuat serta memiliki kepedulian sosial yang matang, sehingga mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin berat dan mampu bersaing secara positif di tengah masyarakat, bangsa dan negara.

Bimbingan Tekhnis ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, Fungsi kinerja dan juga kemampuan manajerial Guru Bahasa Arab. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 5 s/d 9 September 2016, dengan narasumber DR. H. Badarman, MA dan Uswatul Hasanah, S.Ag., M.Pd. Dalam waktu 38 JPL BIMTEK ini meliputi materi Kebijakan K13, Pretest Dan Kontark Belajar, Perubahan Mindset Dan Perkembangan Pendidikan Islam, Rasional K13, Analisis SKL, KI, dan KD, Konsep Pendekatan Scientific dalam PAI dan Bahasa Arab, Analisis Buku Guru Dan Buku Siswa, Konsep Penilaian Autentik, Membuat Media Pembelajaran, Penyusunan RPP, Post Tes, Pear Teaching Dan Diakhiri Dengan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut.

“Kami sangat antusias sekali dalam BIMTEK ini, karena kami dapat segera mengimplementasikan kepada anak didik di Sekolah kami serta kami tularkan pula ilmunya kepada teman-teman yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini”, tutur Pak Imam Guru Bahasa Arab MIN Demangan.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja para guru Bahasa Arab Se Jawa Timur dan dapat meningkatkan pula kualitas KBM serta menjadikan siswa siswi menguasai mata pelajaran Bahasa Arab dengan baik. (HID)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR