Wednesday, 16 Jun 2021
  • Selamat dan Sukses Penilaian Akhir Tahun Siswa-Siswi MIN 1 Kota Madiun

HARI PERINGATAN KESAKTIAN PANCASILA

Seluruh siswa-siswi kelas IV-VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Madiun, melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari ini, Rabu (1/10/2014) yang bertempat di Lapangan MIN Demangan Kota Madiun.

Adapun  tujuan dari dilaksanakannya upacara pada hari ini adalah untuk melatih dan mendidik seluruh siswa-siswi dalam menghargai jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan terdahulu. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa dalam menjalankan dan melaksanakan ideologi Pancasila sebagai falsafah hidup. Di sini juga disampaikan mengenai Ikrar Kesaktian Pancasila yaitu 1) bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia 2) bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan pancasila sebagai ideologi negara 3) bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati hari Kesaktian Panasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila, sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Bapak Bambang Wiyono, selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Madiun, “kegiatan upacara ini dapat berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat.” Dalam pidato ini dapat dikutip bahwa kesuksesan seseorang di masa depan tergantung perilaku dan sikap seseorang itu sendiri.(IDA)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR