Senin, 27 Sep 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Kader Adiwiyata MIN 1 Kota Madiun Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Kota Madiun (MIN 1) – MIN 1 Kota Madiun merupakan sekolah adiwiyata, dimana sekolah yang berwawasan dan peduli terhadap lingkungan. Gerakan peduli lingkungan tidak hanya sosialisasi di lingkungan madrasah, melainkan juga dapat disosialisasikan di lingkungan masyarakat. Kader Adiwiyata MIN 1 Kota Madiun mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan pada Sabtu (24/10/2020).

Bentuk kegiatan ini meliputi pembagian bibit tanaman dan kerja bakti. Menurut Ibu Kusharniati, selaku koordinator tim lingkungan partisipatif, pembagian bibit tanaman di Pondok Pesantren Mujadadiayah dan RA Perwanida Demangan serta kepada wali murid. Sementara, kerja bakti di Pujasera Kuncen dan Taman Hijau Demangan. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat dan wali murid.

Sebagai langkah awal membudayakan hidup bersih dengan bebas sampah, Kader Adiwiyata MIN 1 Kota Madiun mengajak masyarakat yang berkunjung ke pujasera Kuncen dan Taman Hijau Demangan untuk membuang dan memilah sampah pada tempatnya. Mereka membawa tiga kantong sampah dengan bertuliskan sampah kertas, sampah plastik dan sampah organik. Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya pemilahan sampah dan dapat mulai menerapkan gaya hidup bersih dan ramah lingkungan.

“Sebagai sekolah adiwiyata, MIN 1 Kota Madiun bisa menjadi pelopor peduli lingkungan hidup. Melalui kegiatan ini, siswa dan guru mengajak masyarakat untuk peduli dan ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar. Sehingga kepedulian lingkungan yang kita lakukan tidak hanya berhenti di lingkungan madrasah saja. Akan tetapi juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”, jelas Bapak M. Fuad Hariri, selaku kepala madrasah. (wil)

KELUAR