Senin, 27 Sep 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Kebersihan Sanitasi Drainase di Lingkungan Sekolah Binaan MIN 1 Kota Madiun

Kota Madiun (MIN 1) –  Senin, 17 Pebruari 2020. MIN 1 Kota Madiun lakukan Gerakan kebersihan sanitasi drainase di lingkungan sekolah. Tak lupa mengajak sekolah mitra binaanya untuk bergerak bersama membentuk sekolah adiwiyata yang sesuai dengan UUD 1945 dalam pasal 28H ayat (1) bahwa “setiap orang berhak sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”

Secara harfiah sanitasi adalah suatu upaya untuk mewujudkan dan menjamin kondisi lingkungan (terutama lingkungan fisik, tanah, air, dan udara) yang memenuhi syarat-syarat kesehatan. Upaya yang telah dilakukan warga MIN 1 Kota Madiun adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Sedangkan drainase berarti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Pada umumnya berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan untuk memperbaiki dan mengurangi daerah becek, genangan air, dan banjir. Seperti yang terlihat pada foto tersebut, sekolah berupaya membersihkan saluran air kran dan mengecek aliran air di lingkungan sekolah.

Di sekolah binaannya juga melakukan gerkaan kebersihan sanitasi dan drainase dengan cara anak-anak ikut aktif membersihakan wilayah kamar mandi, mengalirkan saluran parit yang tersumbat, membersihkan kran dan westafel di area sekolah yang lama sudah tidak terpakai supaya terhindar dari penyakit dan tentunya menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Bu Harnik selaku Tim Adiwiyata MIN 1 Kota Madiun mengimbau kepada seluruh warga madrasah agar dapat bekerjasama dengan baik dan mengharapkan kepada seluruh bagian koordinator dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing masing. Beliau juga berharap semoga dengan menjadi adiwiyata mandiri bisa menginspirasi banyak madrasah dan juga bisa mengajak lingkungan sekitar untuk hidup bersih dan mencintai lingkungan sekitar. (SA)

KELUAR