Lancar dan Sukses Pelaksanaan Ujian Madrasah Kelas VI MIN 1 Kota Madiun

Kota Madiun (MIN 1)- Sabtu (03/04/2021) Sebanyak 283 anak Kelas VI A sampai VI H MIN 1 Kota Madiun melaksanakan Ujian Madrasah hari pertama. Ujian Madrasah ini akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan mulai tanggal 3 April sampai 10 April 2021. Mengingat masih adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan Ujian Madrasah kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan di rumah masing-masing secara daring melalui E-Learning Madrasah. Ujian Madrasah ini merupakan salah satu bentuk penilaian hasil belajar yang bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan. 

Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Ujian Madrasah terdiri dari 13 mata pelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dengan durasi 2 jam setiap mata pelajarannya. Dalam satu hari siswa mengerjakan dua mata pelajaran yang dapat diakses di E-Learning Madrasah mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Untuk ujian mata pelajaran pertama dimulai pukul 07.30 sampai 09.30 dan ujian mata pelajaran kedua di mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Hanya siswa yang sudah mendapatkan kartu ujian saja yang bisa mengakses dan mengikuti Ujian Madrasah ini. Untuk mendapatkan kartu ujian, anak-anak kelas VI harus menyelesaikan 5 ujian Praktik secara daring yang meliputi mata pelajaran TIK, Fiqih, Al Qur’an Hadis, SBDP dan PJOK.

Meskipun Ujian Madrasah (UM) dilakukan secara daring, Bapak/Ibu guru Kelas VI MIN 1 Kota Madiun tetap memantau aktivitas anak-anak dan selalu siap sedia membantu siswa apabila mengalami kesulitan dalam hal Teknis pelaksanaannya seperti kesulitan mengakses E-Learning. Jadi siswa di bagi dalam beberapa kelas  yang terdiri dari kurang lebih 28 anak dan setiap kelas akan di awasi oleh satu guru yang bertindak sebagai proktor.

“Alhamdulillah seluruh anak-anak Kelas VI dapat mengikuti Ujian Madrasah dan Ujian Madrasah berjalan dengan lancar meskipun ada kendala sedikit tetapi bisa teratasi. Harapannya dengan ujian ini guru-guru Kelas VI mendapatkan gambaran seberapa besar anak-anak menguasai materi pelajaran yang selama ini diajarkan di Madrasah ini dan untuk anak-anak semoga mendapatkan nilai yang memuaskan. Tetap semangat belajar dan selalu jaga kesehatan” Ungkap Bapak Ridwan Selaku Waka Kurikulum sekaligus Koordinator Ujian Madrasah MIN 1 Kota Madiun. (DR)