Sabtu, 13 Apr 2024
  • Selamat datang di website MIN 1 Kota Madiun, Madrasah Negeri Unggulan dan Berprestasi.

Matsama, Bukan Ajang Kompetisi Melainkan Unjuk Kreasi, Pengenalan Lingkungan dan Budaya Madrasah

MIN 1 Kota Madiun, di setiap tahunnya selalu melaksanakan Matsama yaitu Masa Ta’aruf Siswa Madrasah. Serangkaian acara Matsama sukses dilaksanakan oleh MIN 1 Kota Madiun selama tiga hari, dimulai pada hari Senin, 17 Juli 2023 dan berakhir pada hari ini Kamis, 20 Juli 2023. Tentunya kesuksesan kegiatan Matsama MIN 1 Kota Madiun ini tak terlepas dari peran besar guru kelas 1 yang tergabung dalam KKG Kelas 1 MIN 1 Kota Madiun. Kegiatan Matsama ini bertujuan agar siswa baru dapat mengenali lingkungan madrasah, membentuk karakter siswa serta sebagai ajang unjuk kreasi dan seni. Fuad Hariri, Kepala MIN 1 Kota Madiun menjelaskan bahwa Matsama ini adalah wadah bagi siswa kelas 1 baru untuk mengenal dan memahami budaya di lingkungan madrasah utamanya di MIN 1 Kota Madiun.

Agenda Matsama MIN 1 Kota Madiun sangat beragam dari hari ke hari. Pada hari pertama, siswa – siswi MIN 1 Kota Madiun memulai kegiatan dengan membaca doa pagi dan dilanjutkan dengan fun games, antara lain: permainan bola gelinding, sendok kelereng dan estafet bola. Siswa – siswi baru sangat antusias mengikuti permainan. Meski terik matahari begitu terasa menyengat, tak menyurutkan sedikitpun semangat mereka. Properti topi kerucut yang digunakan di kepala siswa baru menambah keunikan pelaksanaan Matsama hari pertama.

 

Berlanjut di Matsama hari kedua. Agendanya adalah pengenalan lingkungan madrasah dan pengajarn adab – adab islami. Tak kalah serunya, di hari kedua ini siswa – siswi berkeliling di seluruh sudut madrasah untuk mengenali satu persatu bagian ruangan. Dilanjutkan penanaman adab – adab islami yaitu adab makan, adab berpakaian dan adab ke kamar mandi. Dengan bimbingan masing – masing guru kelas, siswa – siswi memperhatikan penjelasan dengan seksama dan penuh dengan rasa keingintahuan.

Agenda pamungkas Matsama di hari ketiga berlangsung begitu meriah karena terdapat pentas seni. Di dalam pentas seni, siswa – siswi kelas 1 menampilkan berbagai seni seperti tari tradisional, fun dance dan unjuk bakat memainkan alat musik. Bukan sebagai ajang kompetisi melainkan agenda Matsama kali ini sebagai ajang untuk unjuk kreasi dan seni. Di hari pamungkas ini juga disuguhkan praktik moderasi beragama dari jenjang kelas lain yang ada di MIN 1 Kota Madiun. Sebut saja kelas 4 yang sejak pagi siswa dan juga guru-gurunya berkumpul di lapangan untuk penanaman pentingnya moderasi beragama. Dalam hal ini, Wakil Madrasah bagian SDM Aziz Mushoffa memaparkan begitu pentingnya penanaman moderasi beragama kepada anak-anak agar mereka suatu saat bisa menghargai dan mengkormati kemajemukan yang ada di lingkungannya.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR