Selasa, 30 Nov 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

MIN 1 Kota Madiun Gelar Gladi ANBK

Kota Madiun (MIN 1) – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian terhadap mutu madrasah. MIN 1 Kota Madiun sukses menyelenggarakan gladi ANBK selama dua hari, yakni tanggal 25-26 Oktober 2021. Gladi ANBK ini diikuti oleh 35 siswa kelas V yang terpilih secara acak oleh Pusat Assessmen dan Pembelajaran ANBK, Kemendikbud. Dari 35 siswa tersebut, 30 siswa masuk sebagai peserta inti dan 5 siswa masuk sebagai peserta cadangan.

Pelaksanaan gladi bersih ANBK di MIN 1 Kota Madiun dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 dan sesi kedua di mulai pukul 10.30-11.30. Pada setiap sesi diikuti oleh 15 siswa.

Dalam pelaksanaannya, gladi ANBK di MIN 1 Kota Madiun berjalan dengan lancar. Para siswa nampak antusias dan serius dalam mengikuti gladi tersebut. Suasana ruangan sangat tenang dan kondusif. Di dalam ruangan, hanya terdapat siswa, proktor, teknisi dan pengawas. Selama pelaksanaannya, kegiatan gladi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap siswa wajib menggunakan masker selama di ruangan. Sebelum memasuki ruangan, siswa dicek suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pengawasan ketat dibantu oleh proktor sekolah dan guru yang bertugas.

Bapak Kepala Madrasah, Drs. M. Fuad Hariri, M.Pd.I menyampaikan bahwa, “Alhamdulillah, kegiatan gladi ANBK ini dapat berjalan dengan lancar. Kami terus memantau semua komponen dan perangkat penunjang untuk pelaksanaan ANBK di MIN 1 Kota Madiun. Selain itu, kami juga memberikan pelatihan kepada siswa secara bertahap dengan harapan agar siswa tidak mengalami kendala atau kesulitan saat pelaksanaan ANBK nanti”.

Dengan adanya ANBK, MIN 1 Kota Madiun diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu madrasah. Selain itu, asesmen nasional ini juga dapat memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah madrasah yang efektif untuk mencapai tujuan utamanya. (wil)

KELUAR