MIN 1 Kota Madiun Rintis Podcast Madrasah Pertama di Jawa Timur

Kota Madiun (MIN 1) – Sabtu, 24 April 2021, Belum adanya tanda-tanda pandemic covid-19 membaik yang mengharuskan anak-anak tetap belajar daring. Nah selain pembelajaran daring melalui e-learning, kini MIN 1 Kota Madiun memiliki inovasi yaitu meluncurkan media Podcast yang diberi nama ELJEKA ( Literate Jujur Kreatif ). Selain pembelajaran E-Learning dan Program Sakura, anak-anak maupun audience pengguna Youtube  bisa mendengarkan acara podcast MIN 1 Kota Madiun dengan mengusung tema-tema yang sangat menarik, mendidik serta berkelanjutan dan pastinya mendatangkan narasumber yang luar biasa serta menginspirasi

Podcast MIN 1 Kota Madiun dilaunching pertama pada tanggal 17 April 2021 dengan tema “Podcast Media Jaman Now Kamu Wajib Tahu” dilanjutkan podcast kedua dengan narasumber Bapak. M. Fuad Hari selaku Kepala Madrasah, tema yang dibawa yaitu “MIN 1 Kota Madiun Menuju Madrasah Digital”, dan podcast hari ini mengambil tema yaitu “Milenial Menginspirasi” yang mendatangkan narasumber M. ‘Anin Nabail ‘Adzhim sebagai alumni MIN 1 Kota Madiun yang sekarang melanjutkan Pendidikan di Universitas Indonesia jurusan fisika dan Risa Salsabila yaitu murid kelas 6 MIN 1 Kota Madiun yang tentunya kedua narasumber tersebut memiliki segudang prestasi yang sangat membanggakan. Nabail menjurai berbagai Olimpiade, salah satunya Olimpiade Fisika dam Rissa Salsabila menjuarai Olimpiade Bahasa Inggris.

Berbicara mengenai podcast, MIN 1 Kota Madiun menjadi salah satu madrasah yang pertama kali membuat acara podcast secara live-streaming di Jawa Timur yang disiarkan secara langsung di media Facebook, Instagram, dan Youtube. Podcast hari ini juga sangat menarik yaitu mengedukasi pendengar tentang “cara belajar sesuai kemampuan dan tentunya pantang menyerah apapun yang terjadi menang maupun kalah semuanya diterima tetapi jangan lupa belajar, berusaha, dan memasrahkan segalanya kepada Allah SWT” ujar Nabail. Begitupun Rissa salah satu narasumber juga menjelaskan bahwa kemampuan dalam diri kita harus diasah, seperti halnya ia mengikuti olimpiade sedari kecil walaupun kalah tetap mencoba lagi dan sampai sekarang menjuarai lomba speech Bahasa inggris dimana-mana.

Nah, dengan mendengarkan podcast dari orang-orang yang menginspirasi, pastinya akan memantik semangat para pendengar untuk membangun semangat belajar dalam dirinya. Bukan hanya itu mendengarkan podcast juga dapat menghilangkan kejenuhan di rumah, sperti yang kita tahu selama pandemi berlangsung orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah. Oleh karena itu membuat acara podcast juga bisa menjadi contoh bagi madrasah lain untuk menciptakan podcast supaya anak-anak menambah wawasan melalui podcast dan tentunya tidak bosan dengan pembelajaran daring yang sudah hampir 1 tahun berlangsung di setiap madrasah (Sa).