Saturday, 24 Jul 2021
  • Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.

MIN Demangan Kota Madiun JUARA I PAWAI 1 MUHARRAM 1436 H

Seratus lima puluh siswa, yang terdiri atas regu Drumband “Gita Prima”, Pasukan Tari, Pasukan Penjor, Pasukan Pagebluk, Pasukan Dongkrek, Pasukan Naga, dan Pasukan Kyai Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Demangan Kota Madiun, mengikuti kegiatan Pawai Taaruf Gebyar 1 Muharram 1436 H. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (25/10/2014), yang dimulai dari depan Masjid Agung Kota Madiun dan kembali lagi ke garis finish. Adapun rute dari kegiatan Pawai Taaruf Gebyar 1 Muharram 1436 H adalah dengan garis start depan Masjid Agung Madiun Jalan Aloon-Aloon Barat, Pasar Besar Kota Madiun, Jalan dr. Soetomo, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Pahlawan, kembali lagi ke Aloon-aloon Kota Madiun.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk turut berpartisipasi dan mendukung dalam memeriahkan Pawai Taaruf dengan menampilkan barisan tari yang merupakan penampilan siswa-siswi MIN Demangan Kota Madiun dengan memberikan suguhan terbaik dan atraktif dengan mengambil judul Tari “Fadhilah Sorban”. Adapun yang melatarbelakangi pengambilan judul tersebut adalah tak lain untuk mengingatkan kepada generasi penerus bangsa akan keutamaan bagi kaum muslimin manakala mengenakan sorban dalam beribadah, yaitu mendapatkan 70 keutamaan atau kebaikan, jadi sorban bukan sekedar pelengkap busana tetapi merupakan sarana untuk melaksanakan sunnah Rosululloh SAW. Sedangkan barisan dibelakang menggambarkan masyarakat zaman dahulu pada saat mengusir pagebluk (wabah penyakit) dengan menggunakan bunyi-bunyian seperti dongkrek yang dikenal sampai sekarang sebagai alat kesenian khas Madiun.

Menurut Bapak Eka, selaku koordinator kegiatan Pawai Taaruf Gebyar 1 Muharram, “kegiatan ini membutuhkan latihan dan kerja keras yang cukup besar, hingga pada akhirnya kita bisa mendapatkan kembali sebagai predikat Juara I pada Pawai Taaruf Gebyar 1 Muharram 1436 H tahun ini.” Latihan dan persiapan hanya kami lakukan selama kurang lebih sepuluh hari. Prestasi yang sangat membanggakan. (ida)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR