Saturday, 24 Jul 2021
  • Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.

PELATIHAN DOKTER KECIL BAGI SISWA-SISWI MIN DEMANGAN BERJALAN SUKSES

Kota Madiun (MIN Demangan) – Selama dua hari mulai tanggal 06 s/d 07 Februari 2017 bertempat di Aula MIN Demangan Kampus II yang berada di Jl. Salak III No. 26, Sejumlah 88 siswa yang terdiri dari 70 siswa MIN Demangan, 10 siswa SDN 1 Demangan, dan 8 siswa SDN II Demangan mengikuti pelatihan kader tiwisada yang merupakan program tahunan dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MIN Demangan Kota Madiun. Secara umum UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik.

Program dokter kecil (Kader Tiwisada) merupakan upaya pendekatan edukatif dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut. Oleh karena itu, maka setiap tahun UKS MIN Demangan mencanangkan kegiatan Pelatihan Kader Tiwisada. Untuk materi awal yang diberikan adalah tentang kebersihan gigi dan cara menggosok gigi yang baik dan benar oleh drg. Puspitasari dari UPTD Puskesmas Demangan. Materi selanjutnya tentang pengenalan dan pencegahan penyakit yang disampaikan oleh dr. Edrick Purnomo Putra. Selain itu dr. Edrick juga menjelaskan mengenai gizi, imunisasi, serta manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Kegiatan hari pertama pelatihan kadertiwisada ditutup dengan pemberian materi kesehatan lingkungan hidup dan PHBS.

Pada hari kedua, pelatihan dimulai dengan pemberian materi tentang kesehatan lingkungan, kesehatan indera penglihatan, indera pendengaran, dilanjutnya materi P3K. Siswa dijelaskan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Selama berlangsungnya kegiatan, peserta pelatihan Kader Tiwisada mempunyai kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang difahami kaitannya dengan masalah kesehatan. Menurut Ibu Alya, selaku Koordinator Pelaksana, “Pelatihan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan sukses. Semua kegiatan diisi oleh pemateri dari petugas Puskesmas Demangan Kota Madiun. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan seperti ini siswa-siswi dapat membiasakan diri pola perilaku hidup bersih dan sehat”. (HID)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR