Wednesday, 16 Jun 2021
  • Selamat dan Sukses Penilaian Akhir Tahun Siswa-Siswi MIN 1 Kota Madiun

Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013

Selasa, 23 Agustus 2015 lalu, kelas 4 yang berada di kampus Min Demangan II di Jl. Salak. mengadakan percobaan mengenai tinggi rendahnya bunyi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penerapan dari salah satu tujuan pembelajaran tematik yang terdapat pada pembelajaran 4 sub tema 3 tema 1 “ Indahnya Kebersamaan”. Tujuan percobaan adalah untuk mengetahui cepat rambat bunyi pada media zat cair.

Dalam percobaan tersebut Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dimana satu kelompok terdiri dari lima orang. Setiap kelompok mendemonstrasikan percobaan memukul botol yang berisi air di depan kelas, kemudian mengamati dan menyimpulkan sendiri hasil dari percobaanya. Dalam pembelajaran Kurikulum 2013 siswa memang dituntut menemukan sendiri materi yang hendak di capai sehingga pembelajaran terasa menarik dan menyenangkan.

Selain untuk mengetahui cepat rambat bunyi pada media zat cair ternyata siswa juga dapat menemukan nada yang indah saat memukul botol-botol yang berisi air tersebut. “Awalnya, kami memang merasa sedikit bosan tetapi setelah kami mencoba sendiri dan memukul botol hingga menghasilkan bunyi yang indah, semua terasa sangat menyenangkan.” Terang Alif, perwakilan dari kelompok 6 saat ditanya . (ZUL)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR