Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIN 1 Kota Madiun berjalan lancar

Kota Madiun (MIN 1) – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Hal ini mengacu pada Surat keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah sebagai bentuk implementasi PMA Nomor 24 Tahun 2018 tentang Kepala Madrasah. Pada regulasi tersebut, mensyaratkan adanya penilaian terhadap kepala madrasah.

Kegiatan PKKM di MIN 1 Kota Madiun dilaksanakan pada Selasa (09/03) bertempat di ruang kelas 1A. Kegiatan PKKM ini dimulai pada pukul 07.45 WIB sampai 11.00 WIB. Setelah acara pembukaan dan sambutan kemudian dilanjutkan presentasi dari Bapak Fuad Hariri selaku Kepala MIN 1 Kota Madiun. Setelah presentasi, dilanjutkan dengan wawancara, observasi dan verifikasi dokumen oleh tim penilai PKKM.

Dalam presentasi yang disampaikan Bapak Fuad Hariri ini menyampaikan beberapa hal, diantaranya tentang program Inovasi di MIN 1 Kota Madiun, serta aspek-aspek Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dan bukti fisiknya.

Dalam program inovasi di MIN 1 Kota Madiun yaitu diantaranya tentang program jari cerdik yang digencarkan demi lancarnya program belajar mengajar di masa pandemi seperti ini. Sedangkan aspek dalam PKKM adalah (1) Usaha Pengembangan Madrasah, (2) Pelaksanaan Tugas Manajerial, (3) Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan dan (4) Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Tim penilai PKKM di MIN 1 Kota Madiun kali ini adalah Drs. M. Syamsuri,M.P.d selaku kabid pendidikan madrasah, Sigit Harianto, S.Pd selaku Kasi PendMa, Drs. Muarifin dan Dr. Sudjianto, M.Pd selaku Pengawas Madrasah Kota Madiun. Dalam penilaian PKKM ini kepala madrasah didampingi kepala tata usaha, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, waka sarpras dan staf waka.

Menurut Sudjianto selaku tim penilai dan juga pengawas madrasah dengan regulasi yang baru terkait dengan penilaian kinerja kepala madrasah, dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi kepala madrasah. “Semoga dengan kegiatan PKKM di MIN 1 Kota Madiun bisa memberikan manfaat dan kinerja kepala madrasah dapat lebih meningkat sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan bisa membawa pengembangan mutu pendidikan madrasah,” tuturnya. (hu)