Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIN 1 Kota Madiun Tahun 2021
Kota Madiun (MIN 1) – Selasa 16 Maret 2021, MIN 1 Kota Madiun sukses melaksanakan kegiatan PKKM yang bertempat di ruangan kelas 1A. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah atau disingkat dengan (PKKM) merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Madrasah. Kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu sekolah.
 
Kegiatan dimulai pukul 07.00, sebelum itu bapak ibu guru datang lebih awal untuk menyiapkan ruangan dan juga kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Kegiatan PKKM dihadiri jajaran Wakil Kepala Madrasah, Staf Sekolah, Pengawas dan Tim Penilai PKKM yang mana kegiatan dikemas secara ceremonial, diawali dengan pembukaan, doa, kegiatan inti, dan diakhiri dengan penutup. Kegiatan dipimpin dan dibuka oleh Bapak Fuad Hariri selaku Kepala Sekolah MIN 1 Kota Madiun. Kemudian dilanjutkan presentasi dari salah satu guru yang bertugas. Setelah presentasi, dilanjutkan dengan wawancara, observasi, penilaian dan verifikasi dokumen oleh tim penilai PKKM.
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) terdiri atas 10 aspek penting yaitu: Tujuan dan manfaat Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Periode Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Ruang Lingkup Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Periode dan Komponen Penilaian, Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Perangkat Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Contoh Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Prosedur Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, dan Penyebutan Nilai Kinerja Kepala Madrasah.
“Alhamdulillah semua berjala dengan lancar, saya ucapkan terima kasih kepada panita persiapan penilaian kinerja kepala madrasah yang telah berjuang ikhlas secara maksimal mengumpulkan bukti fisik kinerja kepala madrasah tahun 2021. Persiapan demi persiapan diupayakan secara maksimal oleh panitia penilaian kinerja kepala madrasah, semoga dapat memperoleh nilai yang terbaik oleh tim penilai”. Ungkap Kepala MIN 1 Kota Madiun. (Sa)