Senin, 27 Sep 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Semarak Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H

Kota Madiun (MIN 1) – Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1443 H merupakan peringatan penting bagi umat Muslim. Perayaan Tahun Baru Islam jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam ini, MIN 1 Kota Madiun sukses melakukan siaran secara langsung melalui channel YouTube MIN Demangan dan Fanspage Facebook MIN 1 Kota Madiun pada Rabu (11/08/2021). Pada kegiatan ini, MIN 1 Kota Madiun merancang pembuatan video twibbon siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 terlebih dahulu. Tim pelaksana dan wali kelas mengkoordinir pembuatan video twibbon ini. Kemudian, tim melakukan pengambilan video tausiyah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di studio MIN 1 Kota Madiun.

Kegiatan peringatan Tahun Baru Islam kali ini, MIN 1 Kota Madiun mengusung tema “Menyemai Harapan di Bulan Keselamatan” dengan narasumber Ustadz Ismail Hasan S.Th.I., M.E. “Di awal tahun 1443 H, kita akan memasuki bulan Muharram. Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang mulia. Di dalam bulan Muharram terdapat keistimewaan yang luar biasa”, jelas Ustadz Ismail Hasan S.Th.I. Beliau juga menyampaikan beberapa riwayat yang mengutarakan keistimewaan bulan Muharram. Keistimewaan bulan Muharram yaitu terdapat beberapa kejadian yang luar biasa. Pertama, diterima taubatnya Nabi Adam as. Kedua, Nabi Nuh as yang selamat dari banjir. Ketiga, Nabi Musa as yang selamat dari kejaran Raja Fir’aun. Selanjutnya, selamatnya Nabi Yunus as setelah 40 hari berada di perut ikan nun. Kemudian, selamatnya Nabi Ibrahim as yang dibakar secara hidup-hidup oleh Raja Namrud. Keenam, selamatnya Nabi Ayyub as dari pernyakit. Kemudian, Nabi Isa as selamat dari kejaran kerajaan yang ingin menyalibnya. Jadi bulan Muharram menjadi bulan peringatan bagi kita bagaimana Nabi dan Rasul bisa selamat dari apa yang terjadi pada diri mereka atas ijin dan kehendak Allah SWT. Di pengujung acara, ustadz Ismail Hasan S.Th.I juga memimpin do’a bersama.

Acara ditutup dengan penayangan foto twibbon harapan siswa-siswi MIN 1 Kota Madiun di awal tahun 1443 H ini. Bapak M. Fuad Hariri, selaku kepala madrasah menjelaskan bahwa, “Dalam rangka memasuki awal Tahun Baru Islam, alhamdulillah, MIN 1 Kota Madiun sukses menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam secara live streaming. Seluruh keluarga besar MIN 1 Kota Madiun juga dapat turut serta mengikuti kegiatan ini”. Beliau juga menyampaikan harapan dan do’a, “kepada seluruh keluarga besar MIN 1 Kota Madiun, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan 5M+1D, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan tambah 1 D, yaitu do’a. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita keberkahan, kelancaran, kesehatan dan kesuksesan untuk seluruh Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun. Semoga tahun ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih taqwa dan baik dan semua harapan kita dapat terwujud dan diberkahi Allah SWT. Aamiin”. (wil)

KELUAR