Wednesday, 16 Jun 2021
  • Selamat dan Sukses Penilaian Akhir Tahun Siswa-Siswi MIN 1 Kota Madiun

Upgrade Skill Guru MIN 1 Kota Madiun dengan Mengikuti Diseminasi Bimtek Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi

Kota Madiun (MIN 1) – Sebanyak 40  guru kelas IV, V, dan VI MIN 1 Kota Madiun mengikuti kegiatan Diseminasi Bimbingan Teknis  Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi. Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Senin kemarin dan hari ini (Selasa, 25/05/2021). Kegiatan Diseminasi ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan Bimtek pada tanggal 03 sampai 06 Mei 2021 yang diikuti oleh tiga guru dari MIN 1 Kota Madiun yaitu Ibu Siti Nurjanah , S.Pd.I, Ibu Rini Widiastuti, S.Pd.I dan Bapak Syamsuri, S.Pd.I melalui zoom meeting sekaligus beliau bertiga bertindak sebagai pemateri pada Diseminasi kali ini yang dilaksanakan di Aula MIN 1 Kota Madiun. Diseminasi ini bertujuan untuk membangun komunitas pembelajar antar guru kelas/mapel. Mengembangkan keterampilan peserta untuk menyusun rancangan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi serta meningkatkan mutu proses atau hasil belajar. Kegiatan Diseminasi di buka langsung oleh Bapak Kepala Madrasah. Dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Bu Nurjanah, Bu Rini dan Pak Syamsuri.

Pada hari pertama agenda Diseminasi Bimtek Pembelajaran yaitu memahami konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional. Mencermati soal asesmen numerasi pada AKM dan memahami model pembelajaran berbasis literasi. Kegiatan ini sangat penting dilakukan seorang guru dituntut untuk menguasai dua point penting. Yaitu mempunyai pemahaman Literasi (kemampuan mencari, menerima dan menganalisis informasi) dan Numerasi. Banyak hal yang di dapatkan dalam Diseminasi ini diantaranya yaitu mengetahui Asesmen Nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dimana instrumennya meliputi AKM, survey karakter dan lingkungan belajar. Disamping itu Guru juga mengetahui penyusunan dan pembuatan RPP sederhana dengan tepat, berbagai macam soal referensi  AKM berkaitan dengan literasi dan numerasi.

Setelah mendapatkan materi dan pembekalan pada hari pertama. Pada hari kedua ini Bapak/Ibu guru dibentuk kelompok sesuai KKG setiap kelas untuk melakukan praktik langsung membuat model. Desain pembelajaran berbasis literasi dan numerasi kemudian di analisis di refleksi.  Setelah itu, desain pembelajaran yang telah di buat tersebut dipresentasikan dan di koreksi oleh pemateri. Kegiatan selama dua hari berlangsung lancar dan sukses. Bapak dan Ibu Guru yang hadir sangat antusias ketika mengikuti kegiatan Diseminasi tersebut.

Dengan adanya Diseminasi ini diharapkan Bapak/Ibu guru khususnya guru Kelas IV, V, dan VI mampu menyusun RPP sederhana dengan benar. Serta dapat menyusun soal-soal berbasis Literasi dan Numerasi untuk persiapan AKM dengan tepat.(DR)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR