Saturday, 24 Jul 2021
  • Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Workshop Pendampingan Pelaksanaan K-13 MIN DEMANGAN KOTA MADIUN

Tanggal 7 – 10  November 2015 , MIN Demangan Kota Madiun menyelenggarakan Workshop Pendampingan Pelaksanaan K-13 di Kampus II MIN Demangan Kota Madiun jalan Salak III nomor 26 Madiun. Sebagai Pemateri adalah Tim dari Balai Diklat Surabaya. Workshop dibuka oleh Bapak Kepala Madrasah H. Bambang Wiyono S.Ag. M.Pd.
Secara khusus program pendampingan pelaksanaanKurikulum 2013 memiliki tujuan Memberikan fasilitasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan, Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), dan pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 secara tatap muka dan online, Membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah masing-masing, Membangun budaya mutu sekolah melalui penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, dan berkelanjutan, Meningkatkan pemahaman guru berkenaan dengan isi buku guru dan siswa, rencana pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengelolaan program muatan lokal, dan kegiatan ekstrakurikuler, serta interaksi orang tua dalam pembelajaran anak, Meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan buku guru dan siswa, menyusun RPP, mengelola pembelajaran, melakukan penilaian pembelajaran, mengisi buku rapor, serta mengelola interaksi orang tua dalam pembelajaran.

Materi yang dibahas selama pelaksanaan pendampingan diantaranya Kendala yang ditemui guru sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013, Pembahasan tema dan sub tema serta kegiatan pembelajarannya, Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penerapan Pembelajaran Saintifik, Discovery/Inqiry Learning, dan Pembelajaran Berbasis Proyek, Penerapan penilaian otentik serta pengolahan hasil penilaian dan pengisian rapor, Memahami Buku guru dan buku siswa, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan, Melakukan interaksi dengan orangtua dalam mendampingi kegiatan belajar anak, dan Pembelajaran Transisi KTSP ke Kurikulum 2013.

“Dengan Program Workshop ini para guru dapat lebih mengenal kurikulum 2013, sehingga dalam pembelajaran tidak menemui kendala yang berarti” ucap bapak Dian Supristiono wali kelas 5B. “Dan Semoga guru – guru pengajar dapat menyerap materi yang disampaikan oleh pemateri tentang Kurikulum 2013” Sambungnya. (RIZ)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR