Selasa, 30 Apr 2024
  • Selamat datang di website MIN 1 Kota Madiun, Madrasah Negeri Unggulan dan Berprestasi.

ElJeka Podcast Eps. 6: Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Kota Madiun (MIN 1) – MIN 1 Kota Madiun sukses melakukan siaran langsung program ElJeKa Podcast episode ke-6 melalui channel YouTube MIN Demangan dan Fanspage Facebook MIN 1 Kota Madiun pada Selasa (04/05/2021). Pada episode ke-6 ini, ElJeKa Podcast mengangkat tema “Puasa Bagi Kesehatan Tubuh” dengan narasumber, Ibu drg. Pudji Lestari, M. Kes, seorang dokter gigi yang berdinas di Dinas Kesehatan bidang P2P (Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit).

Acara podcast yang berlangsung secara live ini dipandu oleh Dhani Ratika yang membahas mengenai manfaat puasa. drg. Pudji Lestari menyampaikan bahwa banyak manfaat puasa yaitu untuk mengendalikan diri au atau sering disebut dengan self-control dan untuk meningkatkan kesehatan pada tubuh kita. Kemudian, drg. Pudji Lestari juga menyampaikan mengenai kiat-kiat dalam menjalankan ibadah puasa. “Agar puasa kita lancar, usahakan untuk minum 8 gelas dalam sehari (2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas setelah tarawih dan menjelang tidur), mengontrol dan penuhi nutrisi makanan yang kita konsumsi, olahraga ringan, dan istirahat yang cukup”, jelasnya. drg. Pudji Lestari juga mengimbuhkan terkait berapa kebutuhan nutrisi dan agar gizi kita seimbang, kita dapat mengakses program isipiringku di website kementerian kesehatan.

Peran orang tua dalam membimbing anak dalam berpuasa juga sangatlah penting. drg. Pudji Lestari berpesan, “peran orang tua sangat penting, bukan hanya membimbing dalam puasa saja namun juga dalam semua hal. Pesan saya, pertama tetap ajak anak-anak untuk sahur meskipun anak sulit dibangunkan karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan. Kedua, mengontrol kebutuhan nutrisi anak. Ketiga, upayakan anak-anak istirahat yang cukup”. (wil)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR