Jumat, 17 Sep 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Ekstrakurikuler Teater Alif MIN Demangan Kota Madiun

Siswa-siswi Kelas III dan IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Demangan Kota Madiun dengan jumlah 56 siswa, mengikuti kegiatan ektrakurikuler yang diadakan oleh madrasah. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut yaitu teater. Teater yang dimiliki oleh MIN Demangan Kota Madiun tersebut dengan nama “Teater Alif”. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut dilaksanakan secara rutin, yaitu setiap hari Selasa yang dimulai pada pukul 15.30-17.00 WIB, bertempat di Musholla MIN Demangan Kota Madiun untuk kelas umum, sedangkan pada hari Sabtu khusus untuk kelas III dan IV unggulan yang dilaksanakan pada jam pertama dan kedua selama KBM sedang berlangsung.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler tersebut diantaranya untuk mewadahi bakat serta minat seluruh siswa-siswi MIN Demangan Kota Madiun di bidang seni dan budaya, mendidik karakter siswa untuk lebih mengenali pribadi masing-masing siswa, serta mampu untuk berpartisipasi secara aktif dalam menjaga dan melestarikan kesenian di bidang seni dan sastra yaitu teater.

Menurut Bapak Eka Budi Kusuma, selaku Pelatih dari kegiatan ekstrakurikuler “Teater Alif”, “Selama beberapa kali pertemuan, kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut dimulai dengan pengadaan kaos untuk latihan, latihan vokal, latihan keseimbangan, blocking, hingga sekarang menginjak pada pengenalan naskah serta menentukan pemeran sesuai karakter yang telah terbentuk dan terpilih. Adapun mengenai pengambilan nama “Alif” dilatarbelakangi oleh peranan huruf hijaiyah yang pertama, yaitu huruf hijaiyah alif. “Teater Alif” dimaksudkan agar memiliki prestasi yang utama dalam mengisi dan meramaikan kegiatan untuk tetap melestarikan seni dan sastra di bidang teater. Diharapkan dengan pemberian nama tersebut, seluruh anggota yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler “Teater Alif” memiliki motivasi yang tinggi dan penuh semangat dalam mengembangkan bakat yang telah digeluti di bidang seni ini dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain dalam memberikan suguhan pagelaran yang diikuti.” (ida)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR