Selasa, 18 Jun 2024
  • Selamat datang di website MIN 1 Kota Madiun, Madrasah Negeri Unggulan dan Berprestasi.

Sukses Mencetak Generasi Qur’ani Melalui Kegiatan Khotmul Qur’an dan Imtihan ke VIII Metode UMMI

Kota Madiun (MIN 1 ) – Kamis, 23 Mei 2024 menggelar Khotmul Qur’an dan Imtihan ke VIII meliputi Tartil dan Tahfidz JUz 1, 28, 29, 30 Metode Ummi di Asrama Haji Kota Madiun. Khotmul Qur’an yang juga dikenal dengan khotaman merupakan kegiatan membaca Al Qur’an secara bersama-sama dimulai dari Al Fatihah, dilanjutkan Surat At Takatsur sampai dengan An Naas, kemudian Al Fatihah dan Surat Al Baqarah ayat 1-5, dan At Taubah ayat 1- 3 , dan ditutup dengan doa Khotmil Qur’an.

Sedangkan imtihan merupakan proses tanya jawab seputar Tartil (perlahan dan jelas), Fashohah (kefasihan ucapan), Ghorib (bacaan yang tidak seperti ), Tajwid (hukum dalam membaca Al Qur’an), dan Hafalan oleh publik yang dipandu oleh Ummi Foundation Surabaya.

Program ini diikuti oleh siswa yang telah dinyatakan lulus Munaqosyah Tartil dan Tahfidz juz 1, 28, 29, dan 30. Pendamping dan  pembimbing latihan imtihan yaitu Team Finishing BTA. Sementara untuk penguji imtihan dan uji publik dilakukan oleh Trainner Ummi Foundation Surabaya, yaitu Ustdz. Muh. Roghibi, M.Pd.I dan Ustdz. M. Wahyudi, S.Th.I.

Adapun tujuan dilaksanakan khotaman dan imtihan antara lain :
1. Mengupayakan generasi muda islam supaya oandai membaca Al Quran sejak dini
2. Menumbuh bangkitkan sikap cinta Al Qur’an dan mewujudkan generasi muda bangsa yang berkualitas dan berguna serta taat kepada Allah SWT dan RosulNya yang mampu memberikan manfaat kepada orang orang disekitarnya

Besar harapan pelaksanaan khotmul Qur’an ini  kedepannya lebih berkualitas dan rasio jumlah peserta imtihan bisa meningkat dari tahun ketahun. (WSe)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR