Selasa, 03 Okt 2023
  • Selamat datang di website MIN 1 Kota Madiun, Madrasah Negeri Unggulan dan Berprestasi.

Dongkrak Guru MIN 1 Kota Madiun Untuk Mengikuti Kemajuan Media Informasi Digital

Dongkrak Guru MIN 1 Kota Madiun  Untuk Mengikuti Kemajuan Media Informasi Digital

Kota Madiun (MIN 1)-Jum’at (2/12) Tim literasi MIN 1 Kota Madiun menggelar kegiatan Pelatihan Kehumasan dan Media Informasi Digital yang dilaksanakan di I-Club Kota Madiun. Kegiatan ini mengajak tim humas untuk lebih memahami tentang jurnalisme, penulisan dan media informasi digital.

Kepala MIN 1 Kota Madiun, Drs. M. Fuad Hariri, M.Pd mengapresiasi kegiatan pelatihan kehumasan dan media informasi digital ini. Menurutnya, media online merupakan bagian penting untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi penting.

Pelatihan kehumasan dan media informasi ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten dibidangnya. Mereka yakni Pranata Humas Kanwil Kemenag Prov. Jatim, Isnawati dan Praktisi komunikasi dan digital konten, Yosep Rusfendi

Isnawati, yang berbagi tentang jurnalistik kepenulisan mengulas beberapa teknik penulisan dalam berita dan media sosial dalam bahasa yang ringkas dan mudah dimengerti. Media sosial harus dikelola dengan perspektif dan dua arah,  kita harus aktif dalam berinteraksi di dunia maya agar pengikut atau followers  mempunyai keterikatan. “Jika membuat berita itu seperti segitiga terbalik, dimana titik masalah berada di paling atas kemudian mengerucut kebawah, dan tulisan di media sosial (red:instagram) itu harus ada hastag dan mention” ucapnya .

Beberapa peserta dalam pelatihan ini antusias dan semangat dalam mengikuti acara ini dengan melontarkan beberapa pertanyaan dari tim humas MIN 1 Kota Madiun kepada narasumber.

Adapun Yosep Rusfendi mengulas tentang tantangan dan peluang mengotimalkan MOJO (Mobile Jurnalism). Era seperti ini kita sudah memasuki konvergensi teknologi (red: perampingan teknologi) kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dengan pesat, dimana jaman sebelum ada internet kita menggunakan tv tabung, mesin ketik, telepon analog dsb.  Sekarang beralih ke tv digital, komputer, handphone dsb. Ia juga memaparkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan media informasi yang ada di MIN 1 Kota Madiun seperti aplikasi untuk edit video yang dapat di download di play store/app store yakni VN.

 

“Kita tidak pernah membayangkan bagaimana  teknologi untuk 5 tahun kedepannya, banyak pekerjaan yang akan tergantikan oleh mesin, ex: admin sales, marketing, teller dll” ujarnya.(lyl)

penulis
Administrator

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR