Selasa, 30 Nov 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Guru MIN 1 Kota Madiun ikuti workshop Strategi menyusun assesment nasional berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) tingkat SD/MI

Kota Madiun (MIN 1) – MIN 1 Kota Madiun terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan. Salah satunya dengan menggelar workshop Strategi menyusun assesment nasional berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) tingkat SD/MI. Minggu (14/11) bertempat di gedung Graha Mangga Kota Madiun sebanyak kurang lebih 115 Guru mengikuti workshop tersebut. Acara dimulai pukul 07.00-16.00 WIB berjalan lancar dan sukses.

Dalam pembukaan Fuad Hariri mengatakan “ Workshop ini sebagai salah satu upaya madrasah untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan layanan di MIN 1 Kota Madiun, dengan harapannya menjadi madrasah yang mandiri dan berprestasi. Karena guru mempunyai peranan penting dan strategis dalam dunia pendidikan, agar guru dapat mengupgrade dan merefresh pengetahuan bersama. Maka kami harapakan untuk dapat diiukuti dengan baik dari awal hingga akhir”.

Workshop kali ini juga dihadiri oleh Bapak KanKemenag Kota Madiun, beliau mengatakan “Tantangan dunia abad ketiga ini berbeda dengan tahun kita pada jaman dahulu. Literasi harus kita gencarkan pada jaman sekarang ini untuk berfikir keterbukaan. Guru harus menguasai semua kompetensi (pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian).”

Perubahan cara berpikir melalui penerapan HOTS yang digunakan sebagai intrumen pengukuran untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dalam artian kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali(restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan(recite). Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah peserta nantinya lebih memahami tentang konsep pembelajaran, penilaian, penyusunan serta mengembangkan keterampilan dari HOTS (Higher Order Thinking Skills). Untuk narasumber sendiri dalam workshop kali ini bekerjasama dengan Next Edu Surabaya.

Semoga workshop ini dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik MIN 1 Kota Madiun agar terwujudnya pendidikan yang terarah dan terbaik. (hu)

penulis
Administrator

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR