Selasa, 30 Nov 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

MIN 1 Kota Madiun Sukses Terbitkan 6 Judul Buku Ber-ISBN

Kota Madiun (MIN 1) – Kegiatan literasi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam meningkatkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Dengan itu, MIN 1 Kota Madiun giat mengembangkan media literasinya, antara lain Jari Cerdik, ElJeKa Podcast, dan Balai Penerbitan Buku dan Majalah MIN 1 Kota Madiun (MINSA Media).

Pada Sabtu (18/09/2021), MIN 1 Kota Madiun sukses menyelenggarakan acara launching buku ber-ISBN “SPARKLING English for Smart Learners”. Acara ini disiarkan secara langsung melalui channel YouTube MIN Demangan dan Fanspage MIN 1 Kota Madiun. Acara launching buku ini dihadiri oleh Praktisi Pendidikan dan Penulis Buku Best Seller: Model Pembelajaran Innovatif, Plt Kasi Pendma KanKemenag Kota Madiun, Komite Madrasah, Kepala dan Wakil Kepala Madrasah, perwakilan KKG Kelas 1-6, tim English Book dan tim Literasi MIN 1 Kota Madiun.

Buku “SPARKLING English for Smart Learners” merupakan buku mata pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Dasar (SD/MI). MINSA Media menerbitkan buku ini yang terdiri dari enam jilid, yaitu untuk kelas satu sampai dengan kelas enam. Buku tersebut telah ber-ISBN dan disusun oleh Bapak Ibu guru yang tergabung dalam tim English Book MIN 1 Kota Madiun. Sebagai sumber belajar dan sumber rujukan pembelajaran, buku ini digunakan untuk semester ganjil dan semester genap. Buku juga dilengkapi dengan content analysis, concept map, soal-soal HOTS, dan refleksi pembelajaran.

Dalam acara launching buku, Bapak Kepala Madrasah, Drs. M. Fuad Hariri, M.Pd.I memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan membantu untuk mengembangkan kegiatan literasi di lingkungan MIN 1 Kota Madiun. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, stakeholder madrasah, pengurus komite madrasah, Bapak Ibu pendidik dan tenaga kependidikan khususnya tim pegiat literasi MIN 1 Kota Madiun yang telah giat mengembangkan kegiatan literasi di MIN 1 Kota Madiun dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu reviewer buku dari Universitas PGRI Madiun.” jelasnya.

Pada kesempatan itu telah hadir juga Plt Kasi Pendma Kemenag Kota Madiun, Bapak Agus Burhani, S.H.I., M.Si. Beliau juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Ibu guru MIN 1 Kota Madiun yang telah sukses menerbitkan buku ber-ISBN. “alhamdulillah, MIN 1 Kota Madiun menjadi pelopor pegiat literasi tingkat MI di Kota Madiun. Terima Kasih kepada Bapak Ibu guru yang sukses menerbitkan buku ber-ISBN. Ini merupakan prestasi yang membanggakan dan semoga bisa menginspirasi teman-teman guru yang lainnya.” terangnya.

Bapak Agus Burhani, S.H.I., M.Si juga berpesan, “Jadi guru itu jangan hanya mengajar saja. Jadi guru itu harus kreatif, bisa menjadi inspirasi bagi peserta didik dan guru lainnya, dan bersaing dalam hal positif. Salurkan kreativitas sehingga guru bisa menghasilkan karya-karya yang fenomenal. Semoga MIN 1 Kota Madiun menjadi madrasah percontohan bagi madrasah yang lain.”

Suksesnya penyusunan dan penerbitan buku “SPARKLING English for Smart Learners” juga berkat dukungan komite madrasah. Dalam kesempatan ini, Bapak Dr. Miftahul Choiri, M.A, selaku perwakilan komite madrasah mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi Bapak Ibu guru MIN 1 Kota Madiun yang telah berhasil menerbitkan buku Bahasa Inggris ber-ISBN. Harapannya, buku tersebut dapat menjadi sumber belajar peserta didik maupun guru dan bermanfaat bagi semua. Terus torehkan prestasi-prestasi yang membanggakan dan menjadi inspirasi bagi lainnya.

Pada acara inti, Bapak Dr. Trianto, M.Pd, seorang Praktisi Pendidikan dan Penulis Buku Best Seller: Model Pembelajaran Innovatif, juga memberikan motivasi dan pengarahan dengan mengangkat tema “Writing is Easy”. Beliau berpesan, “Guru terus memperbaiki kualitas pembelajaran, mengembangkan diri, melakukan publikasi ilmiah dan menghasilkan karya-karya inovatif, salah satunya yaitu menerbitkan buku. Penulis buku “SPARKLING English for Smart Learners” adalah guru-guru yang hebat dan luar biasa. Terus berinovasi, berkreasi dan berkarya untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat dan inspiratif. Mulailah dengan menulis apa yang sedang kita rasakan dan mengapa hal itu terjadi. Dengan begitu, kita akan mulai terbiasa untuk menulis dan menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan bermanfaat.”

“Tak lupa saya mengucapkan selamat dan sukses kepada bapak ibu penulis buku “SPARKLING English for Smart Learners”. Terus semangat dan menjadi inspirasi bagi semuanya. Jangan berhenti menulis sampai disini saja. Terus hasilkan karya-karya yang spektakuler dan bermanfaat lainnya. Prestasi hari ini harus lebih baik daripada kemarin.” Lanjutnya. (wil)

KELUAR