Kamis, 26 Mei 2022
  • Dukung MIN 1 KOTA MADIUN mewakili Indonesia pada WSIS PRIZES 2022 diselenggarakan oleh PBB dengan cara Voting sebagai berikut https://youtu.be/E6tbLH-7BMY

ElJeKa Podcast Eps. 11: Nikmat Sholat Sebagai Suatu Kebutuhan

Kota Madiun (MIN 1) – MIN 1 Kota Madiun sukses melakukan siaran secara langsung program ElJeKa Podcast episode ke-11 melalui channel YouTube MIN Demangan dan Fanspage Facebook MIN 1 Kota Madiun pada Rabu (01/03/2022). Pada episode ke-11 ini, bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj 1443H, ElJeKa Podcast mengangkat tema “Nikmat Sholat Sebagai Suatu Kebutuhan” dengan narasumber, Bapak Miftahul Huda, M.Pd, Dosen STAINU Madiun sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Kanzul Ulum Madiun.

Acara podcast yang berlangsung secara live ini dipandu oleh Idarotunnikmah, S.Pd yang membahas mengenai sejarah Isra’ Mi’raj dan keutamaan sholat. Saat momentum peringatan Isra’ Mi’raj ini, Bapak Miftahul Huda menyampaikan bahwa sholat adalah kebutuhan. Artinya, kita butuh hadir bertemu dengan Allah dan butuh waktu hanya bersama Allah SWT melalui sholat. Bapak Miftahul Huda juga menceritakan kisah salah satu Sahabat yang bernama Hatim Al-Ashom. Ketika Hatim Al-Ashom ditanya bagaimana caramu agar sholatmu khusyu’. Kemudian, sahabat menjawab, agar sholat kita khusyu’, kita bisa berandai-andai bahwa Allah SWT berada di hadapan kita, surga ada di sebelah kanan, neraka ada di sebelah kiri, shiratal mustaqim ada di bawah kita, dan malaikat maut ada di belakang kita.

Sejak dini, anak-anak harus diajarkan dan dilatih untuk displin dan tepat waktu dalam menunaikan sholat. Dalam kesempatan ini, Bapak Miftahul Huda berpesan, “sebagai orang tua dan guru, pertama kita harus menjadi teladan bagi anak-anak. Kita harus memberikan contoh dan membiasakan anak-anak untuk displin dan tepat waktu dalam menunaikan sholat. Kedua, komitmen untuk displin dan tepat waktu dalam menunaikan sholat. Ketiga, memberikan reward dan hukuman”. Lebih lanjut, Bapak Miftahul Huda menyampaikan hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj. “Ada beberapa hikmah peristiwa Isra’ Mi’raj. Pertama, Isra’ Mi’raj adalah bulan kita untuk memperbaiki sholat. Kedua, bertobat. Ketiga, bulan Rajab adalah waktu kita untuk menanamkan kebaikan dan ibadah”. (wil)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR