Senin, 27 Sep 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

MIN 1 Kota Madiun Persiapkan Diri Menuju Adiwiyata Mandiri

Kota Madiun (MIN 1) – Sabtu, 28 Agustus 2021. Adiwiyata merupakan program nasional yang secara berjenjang dan diklasifikasikan berdasarkan capaian skor indikator penilaian. Hal ini memicu MIN 1 Kota Madiun untuk menuju sekolah Adiwiyata Mandiri yang sebelumnya sudah menyabet sekolah adiwiyata tingkat nasional. Ada dua sekolah yang saat ini menjadi mitra binaannya yaitu MIN 2 Kota Madiun dan MTsN Kota Madiun.

Kader Adiwiyata adalah peserta didik sekolah yang ditetapkan oleh kepala sekolah dan dibina untuk berperan aktif dan menggerakkan warga sekolah dan warga sekitarnya dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Dikarenakan pada saat ini adalah masa pandemi covid 19. Maka untuk kegiatan adiwiyata dilaksanakan untuk bapak ibu guru dengan tujuan membiasakan mencintai bumi dan kebersihan terbebas penyakit.

MIN 1 Kota Madiun juga mengajak peserta didik ikut aktif datang ke tempat binaan dan juga lingkungan sekitar madrasah untuk menggalakkan kebiasaan hidup sehat dan bersih lingkungan seperti penanaman pohon, kebersihan sanitasi drainase, kantin sehat & pengolahan sampah. Selain itu, anak-anak juga memberikan himbauan dengan poster “Hemat Energi Selamatkan Bumi” yang ditempel pada setiap sudut ruangan. Kegiatan positif tersebut mengajarkan anak-anak untuk saling peduli terhadap sesama dan mecintai lingkungan sekitar.

Bapak Ridwan Amana menyampaikan “Harapan dari kegiatan pembinaan ini, semoga sekolah binaan dapat mempersiapkan diri untuk memperoleh penghargaan Adiwiyata Provinsi. Dapat menerapkan sekolah peduli dan ramah lingkungan, juga hendaknya hal tersebut dilakukan tidak hanya semata-mata hanya untuk mengejar sebuah penghargaan, namun dapat menciptakan lingkungan sekolah bersih dan ramah lingkungan.” Tegasnya selaku Waka Kurikulum MIN 1 Kota Madiun. (SA)

KELUAR