Senin, 27 Sep 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

Pelaksanaan simulasi uji coba ANBK di MIN 1 Kota Madiun

Kota Madiun (MIN 1) – Kamis (26/08) MIN 1 Kota Madiun telah mengikuti uji coba simulasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pelaksanaan kegiatan tersebut di ruang lab komputer dipandu oleh proktor dan juga teknisi. Siswa tidak diwajibkan untuk ikut serta dalam simulasi uji coba ANBK. Peserta simulasi tersebut di ikuti oleh bapak dan ibu guru yang berjumlah tidak lebih dari 15.

Assesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrument utama, yaitu Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). ANBK merupakan program pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah ditiadakan oleh pemerintah.

“Alhamdulilah pelaksanaan simulasi uji coba ANBK berjalan lancar dan tanpa kendala, semoga pelaksanaan berikutnya yang melibatkan siswa dapat diikuti dengan baik dan sukses”, tutur bapak Mawan selaku proktor ANBK di MIN 1 Kota Madiun. AN

KELUAR