Rabu, 28 Jul 2021
  • Keluarga Besar MIN 1 Kota Madiun Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Pelaksanaan UAM Madrasah Ibtidaiyah Negeri Demangan Madiun

Seluruh siswa-siswi Kelas VI MIN Demangan Kota Madiun tengah melaksanakan Ujian Akhir Madrasah. Pelaksanaan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pada hari Kamis hingga Sabtu (21-23/04/16) mendatang yang terbagi menjadi sembilan ruang yang difokuskan pada gedung utama Kampus I yang terletak di Jalan Sitinggil No. 3 Demangan Kota Madiun.

Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah ini merupakan satu kesatuan dari serentetan ujian yang harus dihadapi oleh seluruh siswa-siswi kelas akhir, yaitu siswa-siswi yang duduk di Kelas VI setelah sebelumnya melaksanakan Ujian Praktik dan Ujian Akhir Semester II yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Serentetan ujian ini tak ayal untuk menentukan nilai kelulusan setelah menimba ilmu selama enam tahun di bangku sekolah dasar yang akan diakumulasi dengan hasil Ujian Nasional yang akan dilaksanakan bulan Mei mendatang. Untuk itu, pihak madrasah senantiasa mengupayakan bimbingan secara intensif demi kelancaran dari seluruh pelaksaan ujian yang dihadapi oleh siswa-siswi Kelas VI tersebut.

Sejak beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Februari, seluruh siswa-siswi Kelas VI telah melaksanakan bimbingan intensif yang merupakan program unggulan MIN Demangan Kota Madiun setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak cara memotivasi siswa agar meraih gelar juara dan predikat terbaik ketika menerima hasil kelulusan mendatang. Program unggulan inilah yang selalu mendapatkan apresiasi secara terbuka dari seluruh wali murid. Semangat dan antusias dari para siswapun tak pernah pudar. Pelaksanaan bimbingan intensif ini terjadwal mulai jam pembelajaran ke-0, yaitu pada pukul 06.00-07.00 WIB dan dilanjutkan pada pukul 16.00-17.30 WIB.

“Pelaksanaan bimbingan ini merupakan salah satu cara kami selaku tim kesuksesan menuju UNAS Kelas VI MIN Demangan Kota Madiun. Semoga apa yang kami usahan ini mendapatkan dukungan dari seluruh jajaran yang bersangkutan agar senantiasa diberikan kelancaran dan kesuksesan. Selain bimbingan secara intensif, tak lupa kami meninggalkan program unggulan lainnya, yakni IP dan PAP. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat selama tiga puluh menit pertama sebelum KBM berlangsung dan hari Sabtu pada jam pembelajaran ke-6 hingga 7, yaitu kurang lebih selama satu jam. Hal ini dimaksudkan membimbing peserta ujian dengan senantiasa bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan keridloan dalam menjalankan ujian hingga memperoleh hasil yang maksimal, sehingga usaha dan doa selalu berjalan beriringan,” tutur Bapak Ridwan Amana, WaKa Kurikulum MIN Demangan Madiun.

Pada pelaksanaan ujian kali ini peserta harus melaksanakan ujian di bidang keagamaan. Adapun jadwal pelaksanaan yaitu:

1. Kamis, 21 April 2016 : Quran Hadits dan Akidah Akhlak

2. Jumat, 22 April 2016 : Bahasa Arab

3. Sabtu, 23 April 2016 : Fiqih dan SKI

Pelaksanaan UAM ini, pembagian ruang bagi seluruh peserta ujian sudah mengacu pada aturan pelaksanaan UNAS, yaitu terbagi menjadi sembilan ruang yang masing-masing ruang diisi oleh dua puluh peserta. Pada pelaksanaan UAM pula, pengawas juga terdiri atas dua guru. Nampak secara jelas pada pelaksanaan UAM kali ini berlangsung dengan tertib dan lancar, seperti yang terlihat pada Ruang 2. “Pelaksanaan berlangsung dengan tertib, insya Allah tidak ada kendala. Anak-anak begitu disiplin dan memanfaatkan waktu dengan baik dalam mengerjakan tiap butir soal. Semoga mereka selalu diberikan kelancaran hingga UNAS berlangsung. Sebab, saya lihat sebelum anak-anak memasuki ruangan, mereka mendapatkan bimbingan sebagai drill sebelum pelaksanaan berlangsung. Nampak dengan jelas ketika pelaksanaan, mereka mengerjakan dengan kondisi tenang dan kondusif, serta mereka nampak mengerjakan tiap butir soalnya dengan mudah. Semoga keberhasilan dari segala usaha dan doa bisa mendapat hasil yang maksimal, tentunya akan membuat bangga bagi para pembimbing, guru, beserta madrasah tercinta ini, ucap Ibu Wulan, Pengawas Ruang 2.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR