Penghematan Energi di Lingkungan MIN 1 Kota Madiun

Kota Madiun (MIN 1) – Pada masa pandemi covid-19 ini pemerintah menghimbau masyarakat untuk bekerjasama menghentikan penyebaran virus tersebut. Salah satunya menerapkan anjuran 5M yang diimbangi dengan pola hidup yang bersih dan sehat. Dengan adanya pandemi tersebut menyebabkan siswa harus belajar dari rumah sehingga sedikit banyak akan mengoptimalkan penggunaan koneksi internet dan listrik yang memerlukan pengeluaran biaya yang cukup besar. Hal tersebut dapat disiasati dengan perilaku hemat energi. Tujuan dari perilaku hemat energi di lingkungan madrasah adalah untuk menanamkan nilai-nilai hemat energi sejak usia dini dan menumbuhkan budaya warga sekolah dalam melakukan penghematan energi.

Dalam mendukung perilaku hemat energi khususnya dilingkungan Madrasah, Kepala Madrasah MIN 1 Kota Madiun menghimbau seluruh warga Madrasah untuk mematikan lampu ketika ruangan tidak digunakan, menggunakan lampu hemat energi, memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan ruang kelas pada pagi dan siang hari, menggunakan stop kontak dengan tombol on/off agar lebih mudah dalam mematikan aliran listrik, mematikan laptop atau komputer serta AC apabila sedang tidak digunakan, kemudian membersihkan AC secara berkala dan upaya-upaya lain yang mencerminkan pola penghematan energi.

Dengan menerapkan Perilaku Hemat Energi, kita turut berpartisipasi dalam mendukung gerakan pengurangan gas rumah kaca yang bisa menyebabkan lapisan ozan berlubang.

“Tetap lakukan langkah penghematan energi baik disekolah, dirumah atau dimanapun kita berada. Semoga dengan langkah partisipasi kita, bisa membuat kita menyelamatkan bumi dari global warming” Jelas Bu Rini Widiastuti selaku koordinator penghematan energi MIN 1 Kota Madiun. (DR)