Jumat, 06 Agu 2021
  • Mari bersama sama menerapkan 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehat di mulai dari saya.

SISWA MIN 1 KOTA MADIUN ADAKAN KUNJUNGAN KE PONDOK PESANTREN DI PONOROGO

Kota Madiun (MIN 1) – Senin (20/20) Rombongan 4 bis siswa-siswi kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Madiun melakukan kunjungan ke beberapa Pondok Pesantren di kota reog Ponorogo. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan memotivasi siswa kelas 5 serta menghimbau kepada siswa agar berminat untuk masuk ke pondok pesantren setelah lulus dari MIN 1 Kota Madiun nanti. Acara silaturahmi dan motivasi ini berlangsung dari pukul 07.00 s/d 15.00 WIB.

Ada 4 tempat yang menjadi tujuan siswa-siswi MIN 1 Kota Madiun. 4 tempat tersebut yaitu pondok pesantren Darul Huda Mayak, Pondok pesantren Modern Gontor, pondok tahfidz Muqoddasah, dan yang terakhir Masjid Agung Tegal Sari. Tempat pertama yang dikunjungi yaitu pondok pesantren Darul Huda Mayak. Disana anak-anak disambut dengan baik oleh pihak pesantren. Anak-anak dibagikan makanan kecil dilanjutkan sambutan dan penyampaian beberapa program pondok. Selesai acara selesai anak-anak digiring ke makan pendiri pondok yaitu mbah yai Hasyim untuk melaksanakan doa bersama.

Tempat kedua yang dikunjungi yaitu Pondok Pesantren Modern Gontor. Disana anak-anak diberikan pengarahan dan kemudian anak-anak diajak berkeliling mengitari area pondok. Setelah dari Gontor dilanjutkan ke pondok tahfidz Muqoddasah. Anak-anak dapat melihat lebih jauh program tahfidz al-Quran yang ada di pondok muqoddasah. Tempat terakhir yang dikunjungi yaitu masjid agung tegal sari. Sesampainya disana anak-anak makan siang kemuadia dilanjutkan sholat dzuhur berjamaah didalam masjid. Sebelum pulang anak-anak diajak berziarah makam ke Ki Ageng Besari.

“kunjungan ini beda dari yang lain, biasanya kunjungan dilakukan ditempat rekreasi, tempat outbond. Kami mengambil tema lain untuk kunjungan ini. kunjungan kali ini ke pondok-pondok dan ziarah makam ke beberapa ahli ibadah. Dengan harapan kelak seusai lulus dari MIN anak-anak berminat memasuki dunia pesantren. Mengingat tuntunan zaman yang akhir-akhir ini kurang baik”, tutur ustadz Khozin salah satu guru yang kami temui.

Yasin siswa yang kami hampiri berkata “ sangat menyenangkan bu… saya jadi tertarik masuk pondok. Saya pengen belajar banyak ilmu agama. Agar saya jadi anak sholeh dan  orang tua saya bisa masuk surga”.

Pondok Pesantren merupakan tempat menuntut ilmu bernuansa islami, dan memiliki system pendidikan yang tidak kalah hebat daya saingnya dengan sekolah bahkan lembaga-lembaga yang ada di seluruh dunia. (hu)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR